Wamendik: Semua Pihak Berkontribusi Menyukseskan Kurikulum 2013

wamerndik-padang

Kepulauan Mentawai, PADANGTODAY.com- Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan (Wamendik) Musliar Kasim mengatakan, Kurikulum 2013 harus dipahami oleh semua pihak. Mulai dari sekolah, orang tua, masyarakat, hingga pemerintah. Pembelajaran kurikulum yang berbeda dengan sebelumnya, melibatkan peran serta pihak-pihak tersebut.

“Bidang pendidikan itu adalah bagian yang diotonomikan. Dan ini urusan kita bersama,” kata Wamendik saat menyosialisasikan Kurikulum 2013 kepada guru-guru di Pulau Sipora, Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat, Minggu (07/09/2014).

Wamendik mengatakan, ada tiga kompetensi yang diharapkan dari Kurikulum 2013, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Untuk urusan sikap, kata dia, akan tercermin dari perilaku peserta didik. “Misalnya untuk menyampaikan gagasan tidak perlu dengan demo. Sampaikan dengan kebersamaan dan pemikiran yang baik,” katanya.

Wamendik mengatakan, meskipun sebagian masyarakat tidak berkepentingan dengan kurikulum ini, tapi tanggung jawab untuk menyiapkan generasi emas yang akan meneruskan pembangunan bangsa ke depan adalah dari semua pihak. Kemdikbud, kata dia, sudah melakukan analisis untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Yaitu dengan meningkatkan kualitas guru dan kurikulum. “Kurikulumnya sudah bagus di Kurikulum 2013 ini, dan gurunya juga kita latih,” katanya. (ar/dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*