Wanita Memiliki Traumatis Lebih Rentan Terhadap Penyakit Jantung

Ilustrasi

Ilustrasi

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Studi terbaru mengungkapkan bahwa wanita yang mengalami peristiwa traumatis dan memiliki gangguan stres pasca-trauma (atau PTSD) lebih rentan terhadap penyakit jantung.

Dalam studi tersebut, peneliti menemukan bahwa wanita yang memiliki empat atau lebih gejala PTSD setelah mengalami peristiwa traumatis memiliki 60 persen peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung atau stroke, dibandingkan wanita yang tidak mengalami trauma, selama 20 tahun 20 masa hidupnya.

Para peneliti juga menemukan bahwa wanita yang pernah mengalami peristiwa traumatis, tetapi tidak melaporkan mengalami gejala PTSD, memiliki 45 persen peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

“PTSD sering dikonseptualisasikan atau dianggap hanya sebagai gangguan psikologis,” kata Jennifer Sumner, penulis utama studi ini yang berasal dari Columbia University.

Para peneliti juga menentukan sejauh mana perilaku kesehatan wanita (seperti merokok dan kurangnya aktivitas) dan kondisi medis lainnya (seperti tekanan darah tinggi) memiliki kaitan antara mengalami trauma dan risiko penyakit jantung.

hubungan antara PTSD dan penyakit jantung tidak hanya fisiologis, tetapi perilaku kesehatan juga memainkan peran penting, menurut para peneliti.

(des/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*