Warga Keluhkan Jeleknya Kualitas Raskin Dibagikan Bulog

Beras bulog.

Beras bulog.

Malang, PADANGTODAY.COM-Warga mengeluhkan jeleknya kualitas beras untuk warga miskin (raskin) yang dibagikan oleh Bulog. Beras yang diterima warga Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, berwarna kuning dan hancur.

Seorang warga, Nana mengatakan sejak dulu kondisi beras miskin yang dibagikan berkualitas kurang bagus. Sudah beberapa kali warga protes ke kelurahan tetapi tidak pernah ada perubahan.

“Dari dulu seperti ini. Sudah berkali-kali diprotes tetapi tidak ada perubahan. Jarang kualitas raskin bagus,” katanya saat mengambil raskin di Kelurahan Jodipan, Selasa (10/3).

Hal serupa disampaikan oleh Bambang, yang mengatakan kualitas raskin selalu jelek. Menurut Bambang, pembagian kualitas raskin di bulan Januari dan Februari semakin jelek.

“Gimana lagi, kondisinya memang seperti itu. Warga mau mengembalikan raskin ke kelurahan juga tidak mau,” ujarnya.

Kepala Seksi Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Jodipan, Siswanti mengakui kualitas raskin kurang bagus. Menurutnya, pihak kelurahan sudah menyampaikan keluhan warga kepada Bulog.

“Saat rapat dengan Bulog di Pemkot, kami sudah menyampaikan masalah itu. Kami juga ingin tahu standar raskin seperti apa. Tetapi belum ada jawaban,” katanya.

Kondisi raskin yang sekarang dibagikan berwarna kuning dan banyak kotoran seperti debu. Raskin yang dibagikan juga pecah-pecah dan sebagian berkutu.

“Kami juga repot saat diprotes masyarakat. Kami tidak bisa menjawab. Karena kelurahan hanya mendistribusikan,” katanya.

Kelurahan Jodipan mendapatkan jatah raskin 542 sak per bulan. Setiap sak berisi 25 kilogram. Harga raskin Rp 1.600 per kilogram. “Raskin yang kami bagikan sekarang raskin untuk Februari,” katanya.

Kepala Bulog Sub Divre Malang, Arsyad meminta masyarakat untuk mengembalikan raskin yang kualitasnya jelek. Bulog akan mengganti raskin tersebut dengan beras yang kualitasnya bagus.

“Kami akan mengganti raskin yang jelek. Sekarang saya sudah meminta staf untuk mengecek beras tersebut,” ujarnya.

(siw/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*