Warga Palestina Dukung Gerakan Intifada Lawan Israel

Gerakan-lawan-israelPalestina, PADANGTODAY.com – Sebuah survei digelar oleh Universitas An-Najah di Nablus, Palestina, menyebutkan separuh warga Palestina mendukung gerakan intifada bersenjata melawan Israel.

Advertisements

Jajak pendapat itu dilakukan terhadap 1.360 warga Palestina (860 di Tepi Barat dan 500 dari Jalur Gaza) berusia di atas 18 tahun, sejak 11 hingga 13 September lalu. Simpang kesalahan survei itu tiga persen.

Sebanyak 49 persen responden menyatakan mereka ingin intifada bersenjata melawan Israel dan 44 persen lagi menolak.

Dalam survei tu juga diketahui ada 56 persen warga mendukung perlawanan tanpa senjata terhadap Israel. Sebanyak 57 persen responden menginginkan intifada ketiga pecah di Tepi Barat dan 32 persen lainnya berharap sebaliknya.

Dari survei itu ada 70 persen responden meyakini bakal ada perang lagi dengan Israel di Jalur Gaza. Sebanyak 84 persen responden mendukung Otoritas Palestina menjadi anggota Mahkamah Internasional.

Jajak pendapat kali ini juga menunjukkan ada peningkatan sokongan terhadap Hamas setelah perang dengan Israel yang baru lalu.

Jika pemilihan presiden digelar hari ini maka 22 persen rakyat Palestina menyatakan memilih kandidat dari Hamas dan 21 persen lagi dari Fatah. Sebanyak 17 persen sisanya menyatakan tidak ingin ikut pemilu.

Dari survei itu juga diketahui 54 persen responden masih mendukung solusi dua negara dengan Israel dan 42 persen sisanya menolak.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*