Warga Payakumbuh Puas Shalat Id di Poliko

Walikota Payakumbuh bersama warga saat merayakan Shalat Id.

Walikota Payakumbuh bersama warga saat merayakan Shalat Id.

Advertisements

PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.COM-Warga kota dan perantau yang mengikuti shalat Idul Fitri di halaman Kantor Balaikota Payakumbuh yang baru di eks lapangan Poliko, puas dan lega. Puluhan ribu jemaah shalat Id’ dengan khusyuak, atas fasilitas yang diberikan Pemko dan PHBI Payakumbuh dalam menjalani ibadah shalat Id’, pada 1 Syawal 1436 Hijriyah, Jum’at (17/7).

Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar,  dan Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, bersama isteri serta anggota Muspida dan sejumlah pimpinan SKPD, ikut shalat Id’ di Poliko. Sebelumnya, lebih satu dekade, shalat Id’ di kota ini berlangsung di jalan raya, di kawasan Tugu Adipura Pusat Pertokoan Payakumbuh.

“Mohon maaf, selama ini pemko belum mampu menyediakan fasilitas yang representatif buat warga kota dan perantau, buat kegiatan shalat Id’. Tahun ini, meski sudah dapat beribadah shalat Id’ di halaman kantor balaikota baru, tapi space tersedia masih dalam bentuk pengkerasan sirtu. Mudah-mudahan, tahun depan kondisi lapangan  terbuka ini akan lebih baik, dan nyaman buat dipakai buat shalat Id,” ucap  Walikota Riza Falepi saaat memberi sambutan, menjelang shalat Id’.

Walikota Riza Falepi menggaransi, tahun depan lapangan terbuka hijau di depan gedung pusat pemerintahan Payakumbuh ini akan rampung, sehingga dapat dimanfaatkan buat warga buat berbagai kegiatan publik, termasuk buat kegiatan shalat Id’.

Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, atas nama  warga kota, memberikan apresiasi  kepada pemko di bawah pimpinan Walikota Riza Falepi, yang mengambil kebijakan tepat dalam pelaksanaan shalat Id’ tahun ini. Lapangan seluas ini, (halaman balaikota baru, Red), sudah lama dirindukan masyarakat. Karena itu, DPRD akan mendukung sepenuhnya, untuk memproses percepatan pembangunan  lapangan terbuka hijau di depan kantor balaikota Payakumbuh yang baru ini, tegasnya.

Dikatakan, DPRD akan terus memberikan dukungan terhadap kebijakan pemko dalam melengkapi fasilitas publik. Ruang terbuka hijau di depan balaikota Payakumbuh ini, akan kita desak pemko menyelesaikannya, karena mampu menampung pulihan ribu jemaah buat melaksanakanshalat Id, tegas Dt. Parmato Alam.

Kegiatan shalat Id’ di Poliko, berlangsung lebih cepat. Pukul 07.30 WIB shalat sudah dilaksanakan, dengan imam Ihsan Nuzulla, S.Pdi,  mantan qori internasional  2014 di Malaysia. Sedangkan, khatib  Buya Gunawan Bufli, S.THI,  dari Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota.

Dalam tausyiahnya, Buya Gunawan Bufli, mengajak jemaah untuk selalu ingat kepada Allah SWT. Berbuat baik dan mengantarkan kebaikan dan kebahagiaan kepada orang lain. Kepada orang tua, kepada sesama, sebagaimana Allah berbuat baik kepada kita.  Banggalah dengan meramaikan masjid atau mushalla, bukan semusim pada Ramadhan saja.

Sementara itu, kepada kaum hawa diingatkan, untuk selalu menutup aurat. “Jika kita semua berbuat baik sesuai ajaran Allah, negeri ini akan menjadi taman firdaus,” katanya. (dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*