WNI Di Amerika Protes Pilkada Lewat DPRD

DEMOPILKADAJakarta, PADANGTODAY.com – Kembalinya pemilihan kepala daerah melalui DPRD seperti yang telah disahkan oleh DPR dalam rapat Paripurna, kemarin, rupanya tak hanya menuai protes di dalam negeri. Warga negara Indonesia yang berada di luar negeri juga ikut melakukan protes.

Di Amerika Serikat, protes dilakukan warga negara Indonesia di depan Willard InterContinental Hotel, Washington D.C. Hotel itu adalah tempat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menginap.

Dalam foto demonstrasi yang diterima merdeka.com, Sabtu (27/9), massa yang terdiri dari pria dan wanita itu membawa sejumlah foto SBY dan poster yang mengecam SBY atas disahkannya RUU Pilkada.

Mereka juga menilai demokrasi di Indonesia telah mati dengan kembali pilkada melalui DPRD. Tak hanya itu, mereka juga menilai SBY bukanlah seorang demokrat.

Dini hari kemarin, DPR telah mengesahkan RUU Pilkada menjadi undang-undang. Salah satu pasal yang paling krusial adalah soal pelaksanaan pilkada.

Kubu Koalisi Merah Putih menginginkan agar pilkada dilaksanakan melalui DPRD. Sementara, partai pendukung Jokowi-JK menginginkan agar pilkada dilaksanakan secara langsung.

Yang mengagetkan adalah sikap Partai Demokrat. Jika sebelumnya Demokrat menegaskan mendukung pilkada secara langsung dengan 10 syarat, jelang voting kemarin partai besutan SBY itu justru memilih walk out.

Alasannya, 10 syarat yang diajukan tak diakomodir. Alhasil, kubu pendukung pilkada langsung kalah.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*