Workshop Pemanfaatan SIG, Asyirwan : ​Penting Bagi Pembangunan

Wabup Drs. H. Asyirwan Yunus M.Si memberikan arahan dalam Workshop Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis Politani Tanjung Pati

Wabup Drs. H. Asyirwan Yunus M.Si memberikan arahan dalam Workshop Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis Politani Tanjung Pati

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com – Suatu konflik bisa saja terjadi dikarenakan batas-batas wilayah dan ada tujuan-tujuan terselubung nantinya yang bisa dimanfaatkan dari konflik tersebut, antara lain pemanfaatan sumber daya alam dan potensi daerah lainnya.

Oleh karena itu sangat diperlukan sebuah arsip perbatasan atau batas wilayah bagi setiap daerah. Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Limapuluh Kota Drs H Asyirwan Yunus MSi saat membuka Workshop Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG) di Aula Politani Tanjung Pati, Kamis (11/9).

Lebih jauh Asyirwan Yunus mengatakan bahwa selain untuk pemetaan suatu wilayah SIG juga bisa menjadi dasar bagi pembuat keputusan untuk membuat sebuah kebijakan yang berhubungan dengan tata ke ruangan suatu wilayah.

”Dengan sistem ini nantinya akan bisa dibuat sebuah perencanaan pembangunan di berbagai bidang seperti lokasi pembangunan sekolah, fasilitas pendidikan, ekonomi  maupun pengelolaan sumber daya alam,” papar Asyirwan.

Disini Asyirwan Yunus juga mengungkapkan ketertarikan dengan diadakannya workshop ini dan memberikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaannya dan berharap workshop nantinya mampu dimanfaatkan untuk menegaskan batas-batas wilayah yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota.

”Baik itu batas-batas antara kecamatan ataupun nagari-nagari tanpa merugikan kedua belah pihak sehingga  tidak akan memicu terjadinya suatu permasalahan dalam masyarakat,” harap Asyirwan.

Sementara itu Ir Ismawardi, MP salah seorang narasumber workshop saat ditanya mengatakan bahwa workshop ini bertujuan untuk mendukung secara teknis pelaksanaan Permendagri Nomor 76 Tahun 2012 Tentang Penegasan Batas Wilayah.

”Materi Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk invetarisasi batas wilayah akan diberikan bagi 25 orang peserta dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait termasuk Camat dan akan berlangsung selama dua hari tanggal 11 dan 12 September 2014.(​malin​)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*