Wujudkan Smart City, Padang Pariaman Gandeng 3D

Padang Pariaman Sosialisassi Penerapan Smart City di IKK Parit Malintang

Advertisements

Padang-Today.com__Smart City akan melahirkan sebuah pelayanan yang lebih baik dan efektif. Dengan hadirnya smart city di daerah Padang Pariaman akan membuat warna tersendiri di daerah tersebut dalam pelayanan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman Jonpriadi mengharapkan Padang Pariaman dapat menjadi percontohan dalam penerapan smart city bagi daerah lain. Untuk itu, Pemkab Padang Pariaman siap bekerjasama dengan 3D Experience Company mewujudkan smart city di Padang Pariaman.

“ Untuk mewujudkan smart city tersebut sangat dibutuhkan dukungan dari semua pihak. Kepala OPD, camat, walinagari dan instansi terkait lainnya harus mendukungnya. Untuk itu, kepala OPD, camat dan walinagari harus mengikuti perkembangan teknologi informasi. Kalau tidak mengikuti perkembangan teknologi informasi ini, maka akan tertinggal,” kata Jonpriadi pada pembukaan Sosialisasi Infrastruktur dan Aplikasi Smart City Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman oleh 3D Experience Company, di hall IKK Parik Malintang, Senin (28/5/2018).

Menurut Jonpriadi, untuk mewujudkan smart city, Pemkab Padang Pariaman siapkan tenaga sumber daya manusia, operator dan perangkat pendukungnya.

Untuk mendukung smart city ini, kata Jonpriadi, Padang Pariaman yang terdiri dari 17 kecamatan dan 103 nagari, tahun 2018 ini diupayakan jaringan internet sudah bisa diakses di seluruh nagari. Hal ini penting untuk menunjang pelaksanaan smart city.

Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman Zahirman melaporkan, 3D Experience Company berasal dari Perancis yang sudah melaksanakan smart city di berbagai Negara. Di Indonesia penerapan dan pengembangan informasi teknologi sudah dilaksanakan 3D Experience Company di kota Surabaya, Bandung dan Palembang.

“Penerapan smart  city di Kabupaten Padang Pariaman bukan hanya tertumpu pada Dinas Kominfo semata. Namun keterlibatan aktif OPD, camat dan nagari sangat menentukan. Mudah-mudahan tahun 2018 ini bisa diwujudkan smart city di Padang Pariaman,” harap Zahirman.

Sosialisasi Infrastruktur dan Aplikasi Smart City Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman oleh 3D Experience Company juga dihadiri Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni. Sedangkan penjelasan penerapan smart city dan aplikasi disampaikan Country Manager Rassault Systemes Adi Aviantoro. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*