Wujudkan Tatakelola Dana Desa, Pemko Pariaman Gelar Workshop Siskeudes

Wujudkan Tatakelola Dana Desa, Pemko Pariaman Gelar Workshop Siskeudes

Advertisements

Padang-today.com__Pemko Pariaman gelar Workshop Evaluasi Implementasi Sistem tatakelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes yang melibatkan Anggota Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Pendamping Lokal Desa pendamping lokal desa program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (PLD-P3MD) dan Kepala Desa se-Kota Pariaman di Aula Balaikota, Rabu (28/3).

Kegiatan dibuka Walikota Pariaman yang diwakilkan kepada Sekdako Indra Sakti dan dihadiri Forkopimda Kota Pariaman, Kepala OPD, Camat se-Kota Pariaman.

Sekdako Indra Sakti, dalam pidatonya menuturkan ucapan terimakasih kepada para peserta dan khususnya Kepala Desa karena workshop ini merupakan ujung tombak pelaksanaan pengelolaan Dana Desa dan Anggaran Dana Desa (ADD) yang diprogramkan oleh pemerintah.

” Untuk mempercepat pemerataan pembangunan di daerah dan desa, Pemerintah telah meningkatkan anggaran transfer ke daerah dan dana desa,” sambung Indra Sakti.

Sehingga, tambah Sekdako itu, melalui program Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, Pemerintah meningkatkan akses rakyat untuk mendapatkan pelayanan infrastruktur dasar, seperti jaringan air minum sampai ke rumah-rumah warga. Pemerintah juga mendorong pergerakan ekonomi daerah dengan peningkatan presentase kemantapan jalan kota, jalan desa dan mendukung irigasi pertanian.

Ia berharap seluruh peserta agar dengan sungguh-sungguh mendengarkan dan dapat memahami materi yang disampaikan oleh para narasumber sehingga pengelolaan Dana Desa dan Anggaran Dana Desa (ADD) dapat lebih efektif, efesien dan akuntabel dalam pelaksanaanya.

Adapun narasumber Workshop tersebut yakni Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Sumatera Barat II pada Komisi XI Refrizal, Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah III BPKP Sumbar Iskandar Novianto, Direktur Binmas Polda Sumbar Kombes. Pol. Nasrun Fahmi.

Acara diakhiri dengan diskusi bersama tentang tatakelola penggunaan dan pengawasan dana desa.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*