Yadi: Anggota IJTI Harus Aktif Sebagai Jurnalis

      Padang-today.com – Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia ( IJTI) Yadi Hendriana menyatakan keanggotaan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia harus harus aktif sebagai jurnalis.

Advertisements

    “Keanggotaan IJTI harus aktif bekerja sebagai jurnalis,enam bulan tidak lagi bekerja di media televisi bukan lagi anggota IJTI,”kata Yadi Hendriana ketika Musda IJTI Sumbar di Padang.

     Ia menyatakan saat ini IJTI sudah berdiri di 34 provinsi di Indonesia dengan jumlah keanggotaan ribuan jurnalis televisi.

     “Anggota IJTI yang aktif harus taat dengan ad/rt IJTI,”ungkapnya.

    Jurnalis tidak boleh terlibat langsung dalam politik, tahun 2018 menjadi tahun yang sangat krusial bagi eksistensi jurnalis dalam menjalankan tugas tugasnya.

    Tuntutan profesionalisme serta independensi menjadi suatu keharusan. “Jurnalis dan media memiliki peran penting dalam mengawal proses demokrasi yang tengah berlangsung,”tegas Yadi.

     Dia menambahkan, berdasarkan data yang ada saat ini tercatat lebih kurang 40.000 media online. Baru 200 media online yang terverifikasi.

     Ia menyatakan, dalam menjalankan tugasnya jurnalis televisi harus profesional, berpegang teguh pada Kode Etik Jurnalistik dan P3SPS serta aturan yang berlaku.

     Jurnalis Televisi merupakan sosok yang menjaga martabat, berintegritas serta santun dalam bermasyarakat. Jurnalis televisi tidak boleh partisan, pemberitaanya mengutamakan kepentingan orang banyak di atas kepentingan yang lain.

   “Jurnalis televis harus jadir menjadi pencerah ditengah maraknya berita bohong yang beredar di media sosial dengan menyajikan berita yang benar, berimbang, independen dan berdampak positif bagi orang banyak,”katanya.

      IJTI mendorong agar semua pihak terkait duduk bersama untuk mencapai kata sepakat agar regulasi kepenyiaran bisa mengakomodir kepentingan semua pihak.

     Mengingat tugas jurnalis sepenuhnya menyuarakan kebenaran dan berpihak kepada kepentingan orang banyak,tambah Yadi jurnalis Indonesia harus diisi oleh jurnalis yang memiliki integritas tinggi.(nat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*