Zambia dan Indonesia Sudah Menjalin Kerja Sama Intensif

wakil persiden

wakil persiden RI

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Zambia dan Indonesia sudah menjalin kerja sama intensif sejak 10 tahun lalu. Indonesia kerap mengirim tenaga ahli pertambangan untuk melatih SDM dari negara di tengah Benua Afrika tersebut. Saat ini, 500 WNI bekerja di Zambia di bidang tambang.

Di sela-sela Konferensi Asia Afrika, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Wakil Presiden Zambia Inonge Wina bertemu untuk memperkuat hubungan baik kedua negara.

Salah satunya agar pelatihan SDM Zambia ditingkatkan, tidak hanya insinyur bidang pertambangan seperti yang selama ini berjalan.

“Jadi yang bekerja sama di sana itu spesialis-spesialis pertambangan Indonesia. Karena itu mereka meminta mengirimkan ahli pariwisata untuk belajar di Bali, atau ahli perikanan belajar di sini. Kita terima, kita kasih beasiswa kalau perlu,” ungkap JK selepas pertemuan di Balai Sidang Jakarta, Selasa (21/4).

Selain mengirim tenaga ahli, pemerintah RI juga berkomitmen mengembangkan Pusat Studi Pertanian di Zambia. Dalam waktu dekat, kerja sama tersebut akan direalisasikan, dengan lawatan Menteri Luar Negeri Zambia ke Tanah Air.

Sebagai anggota G20, JK menyatakan sudah waktunya Indonesia membantu negara lain, seperti Zambia.

“Sering orang menganggap kita susah tapi banyak negara lebih susah dari kita dan kita harus siap untuk itu,” kata Wapres.

(ard/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*