Inilah Tips Untuk Mengatasi Anak Yang Pilih-Pilih Makanan

pilihmakanan04PADANGTODAY.com – Anak hanya mau makan mie instan atau ayam goreng? Ia selalu menolak makanan lain? Pilih-pilih makanan biasa terjadi pada anak. Namun, harus segera diatasi karena anak bisa kekurangan nutrisi.

Advertisements

Kecukupan nutrisi sangat penting bagi anak karena mempengaruhi tahapan tumbuh kembangnya. Kalau anak selalu menolak makanan yang Anda buat, bisa jadi ada beberapa hal yang perlu Anda cermati. Coba lakukan siasat ini untuk mengatasinya.

1. Perkenalkan jenis makanan sejak dini
Ketika anak berusia 1 tahun lebih ia sudah bisa diperkenalkan dengan beragam jenis bahan makanan. Berikan beragam jenis makanan agar ia bisa mencicipi tekstur dan rasanya. Perkenalan ini akan memperngaruhi sikapnya pada makanan saat besar. Karenanya pilih makanan berkualitas terbaik saat pertama memperkenalkan pada anak. Misalnya, pilih mangga yang manis agar ia punya kesan terbaik akan rasa buah mangga.

Jelaskan jenis makanan, asalnya, juga manfaatnya untuk tubuhnya. Jika ia menolak makanan tertentu, jangan putus asa. Ulangi pemberiannya beberapa kali dengan jeda waktu beberapa hari.

2. Ajak memilih makanan
Meskipun masih kecil, anak juga bisa diajak diskusi dan berkomunikasi. Kalau selama ini Anda yang menentukan jenis makanan untuknya. Misalnya, saat sarapan atau makan di restoran. Cobalah mulai libatkan anak. Tanyakan apa yang ingin dimakan saat sarapan? Atau bekal apa yang ingin dibawa?

Cara ini selain melatih anak mengenal jenis makanan juga membentuk seleranya. Anak akan merasa dihargai sehingga ia merasa bertanggungjawab atas pilihannya. Buatlah rencana menu seminggu yang dipilih bersama anak.

3. Campur bahan jadi satu
Pilih-pilih makanan memang biasa dilakukan anak-anak karena mereka ingin bereksplorasi. Kalau mereka tak suka brokoli, menolak ikan atau kentang, cobalah buat makanan yang terbuat dari campuran beberapa bahan termasuk yang tak disukai. Misalnya, olah menjadi burger atau bakso yang disukainya.

4. Perhatikan tekstur, bentuk, dan warna
Warna dan bentuk merupakan hal penting dalam tampilan makanan anak. Karenanya usahakan memadukan warna-warna sayuran dan bahan makanan lain saat menata di piringnya. Demikian juga dengan kontras tekstur. Makanan lembek bisa dipadukan dengan yang renyah. Ini sekaligus melatih daya cecapnya agar lebih baik. Makanan akan dinikmati sebagai permaian warna dan tekstur yang menyenangkan buat anak.(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*